Rabu, 09 September 2009

Tausiyah

Cerdas Memanfaatkan Waktu

Satu desah nafas kita saat menjalani waktu demi waktu, merupakan langkah menuju kubur. Alangkah ruginya kita disaat menjalani sesuatu yang berharga kemudian kita sia-sia kan. Orang yang bodoh adalah jika diberikan modal maka modalnya dihamburkan dengan sia-sia. Begitu juga kita jika sudah diberi modal waktu, kemudian waktunya kita hambur-hamburkan maka kita termasuk orang yang bodoh.
Perhatikanlah Firman Allah berikut:

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan menjalankan amal saleh dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran." (QS. Al-Ashr 1-3)

Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan baik amalannya, dan sejelek-jeleknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan jelek amalannya." (HR. Ahmad)

Orang yang pasti beruntung adalah orang yang mencari kebenaran, orang yang mengamalkan kebenaran, orang yang mendakwahkan kebenaran dan orang yang sabar dalam menegakan kebenaran. Mengatur waktu dengan baik agar tidak sia-sia adalah dengan mengetahui dan mempetakan, mana yang wajib, mana yang sunah dan mana yang mubah.
Sahabat, Ketahuilah bahwa kalian yang kini telah menjadi mahasiswa adalah orang-orang yang beruntung dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk mengecap pendidikan sampai perguruan tinggi. Karena itu, manfaatlah waktu kalian selama di bangku perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Tunaikan amanah yang telah diberikan orang tua kalian. Belajarlah dengan baik, jangan engkau bermalas-malasan. Kalian adalah para intelektual yang menjadi harapan membangun masa depan. Manfaatkanlah waktu secerdas mungkin. Jangan sampai, waktu kalian berlalu sia–sia. Jangan sampai setelah lulus nanti orang akan bertanya, “apa yang kau bisa hai sarjana?” Sementara engkau tak menguasai apa-apa.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuangkan komentar anda dibawah ini